Senin, 29 Desember 2014

Arsitektur Minimalis

SEJARAH HADIRNYA ARSITEKTUR MINIMALIS
konsep dasar minimalis ini telah muncul akibat revolsi industri dan kebangkitan paham modernisme dalam sejarah arsitektur dan berkembang sejak tahun 1920-an setelah kelahiran gaya arsitektur International Style yang mengusung tema functionalism (fungsinal), clarity (kejelasan) dan simplicity (kesederhanaan). Satu gerakan penolakan terhadap peniruan dan pengulangan bentuk-bentuk lama serta penggunaan ornamentasi masa klasik yang dipandang berlebihan, non struktural dan sekadar tambahan tidak fungsional. Di lain pihak menyuarakan kenyataan kemajuan teknologi dalam proses rancangan, konstruksi dan struktur bangunan yang memberi kemudahan, akurasi dan efisiensi.

PENGERTIAN ARSITEKTUR MINIMALIS
Arsitektur minimalis diindonesia merupakan pengembangan dari konsep modern atau sebagai turunan dari arsitektur modern. arsitektur minimalis merupakan arsitektur modern tetapi arsitektur modern belum tentu arsitektur minimalis.
Pada gaya minimalis ini permainan unsur garis tegas, tegak lurus dan bidang-bidang tanpa ornamen dengan permainan geometri sederhana.
Adapun bangunan modern minimalis bisa kita simpulkan bangunan yang bersifat singular, seragam dan tunggal, esensial, fungsi ruang sebagai titik awal desain (functionalism) atau form follow function, clarity (kejelasan) dan minimum sebagai tujuan dan nilai estetika (simplicity), menggunakan unsur garis, tegak lurus dan bidang. Penghindaran dari elemen arsitektur ornament dll.
Tips merancang bangunan dengan gaya arsitektur modern minimalis :

1. Rencanakan tata ruang yang efektif , fleksibel dan fungsional dengan system sirkulasi yang sederhana (pencapaian yang cepat dan mudah), multifungsi melalui mengolahan zoning dengan tetap memperhatikan kondisi site dan keadaan penggunan sebagai pertimbangan pokok.2. Gunakan unsur garis tegas, tegak lurus, permainan bidang dan warna serta pemanfaatan bahan yang tepat.3. pengolahan yang baik melalui pertimbangan proporsi, komposisi, warna, bahan finishing dan elemen arsitektural lainnya sehingga tidak menimbulkan kesan monoton dan membosankan.
4. Masukkan konsep tropis pada atap karna memang kita terletak didaerah tropis dengan tetap mempertahankan kesan modern minimalis murni dengan atap datar dengan cara menyembunyikannya. Ini sebagai usaha untuk meminimalkan atap dak yang rentang dengan bocor dan lainnya.
5. Gunakan elemen arsitektural yang tahan cuaca tropis.
6. Perencanaan yang dalam budget biaya konstruksi. Karna dasar konsep modern minimalis adalah mereduksi biaya konstruksi. Tetapi dari sisi lain bisa menjadi mahal karna tuntutan kualitas baik yang memaksa mencari alternatif material mahal untuk pencapaian desain.7. Hindari ornamentasi (untuk desai modern minimals murni)8. Memperhatikan desai interior baik pemilihan furniture atau pernik lainnya yang tetap mengacu konsep modern minimalis dan fungsional, tidak memberi kesan sempit pada ruang.9. Memperkuat dengan desain landscape bergaya minimalis , pilihlah tanaman yang memiliki pola pola tegas vertical & horizontal, variasi pedestrian/taman dengan pola-pola garis.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARYA KARYA ANDRA MATIN (PART 2)

KARYA KARYA  ANDRA MATIN (PART 2) Binus School Bekasi / Arsitek Andra Matin Text description provided by the architects.  Defined largely by...