Senin, 29 Desember 2014

Gaya / Langgam Arsitektur

Berikut ini merupakan beberapa langgam arsitektur yang terdapat pada bangunan Hotel Carrcadin.
a. Art Nouveau
Wujud desain Art Nouveau seperti sejenis flora aneh atau organisme yang hidup. Berupa bentuk-bentuk yang mengalun, meliuk, berdenyut, menggeliat dan sebagainya.
b. Art Deco
Ciri-ciri yang tampak pada langgam Art Deco adalah tampilan bentuk didominasi bentuk masif, mulai menggunakan atap datar, banyak dijumpai perletakan-perletakan yang asimetris dari bentukan-bentukan geometris yang berirama.
c. Arsitektur Cina
Ciri-ciri langgam Arsitektur Cina yaitu simetri arsitektural. Terdapat penekanan unsur horizontal pada badan dan atap bangunan. Atap bangunan berbentuk pelana dan terdapat courtyard di tengah-tengah bangunan.
d. Arsitektur Indische
Arsitektur Indische dapat dilihat dari ciri-cirinya yaitu memiliki tadhah angin, memiliki hiasan puncak atap (Nok Acreterie) dan cerobong asap semu. Pintu terletak tepat di tengah diapit dengan jendela-jendela besar pada sisi kiri dan kanan. Ragam hias pasif dari material logam dan atap berbentuk joglo limasan.
e. Neo Klasik
Ciri-ciri dan wujud dari Arsitektur Neo Klasik yaitu pada penggunaan lantai marmer, tembok tebal, langit-langit tinggi, terdapat gevel dan mahkota diatas beranda depan dan belakang.
f. Arsitektur Mediteran
Beberapa ciri dari Arsitektur Mediteran yaitu menggunakan atap miring. Pintu dan jendela di Indonesia biasanya berbentuk segiempat, dengan lengkungan di atasnya dan terdapat hiasan tympanum.
g. Arsitektur Modern
Arsitektur modern sendiri berprinsip pada tradisi fungsional, lebih cenderung pada pemikiran struktur dari pada unsur-unsur lainnya. Penggunaan material baja/besi, beton dan kaca yang makin marak membawa perubahan dalam desain arsitektur.
h. Arsitektur Bauhaus
i. Arsitektur Gotic
j. Arsitektur klasik
k. Arsitektur post modern
l. Arsitektur Barok
m. Arsitektur Rokoko
n. Arsitektur Renessains
o. Arsitektur Minimalis
p. Arsitektur Kontemporer
q. Arsitektur Tradisional Jawa
r. Arsitektur Minimalis
s. Arsitektur Bali
t. Arsitektur Tropis
u. Arsitektur Dekonstruksi
v. Arsitektur Futuristik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARYA KARYA ANDRA MATIN (PART 2)

KARYA KARYA  ANDRA MATIN (PART 2) Binus School Bekasi / Arsitek Andra Matin Text description provided by the architects.  Defined largely by...