Senin, 29 Desember 2014

Karya Frank O Gehry


Frank O. Gehry adalah principal dari firma arsitektur Frank O. Gehry and Associates yang berlokasi di Los Angeles, California. Desain Frank Gehry, yang mengeksplor berbagai macam kemungkinan gabungan metode konstruksi dan susunan elemen arsitektur, telah dibangun di seluruh penjuru Amerika Serikat. Frank Gehry juga penerima Arnold W. Bnumer Award dari American Institue of Arts and Sciences (1983) dan berbagai penghargaan nasional dan internasional lainnya.
Gehry terlahir sebagai Frank Goldberg di Toronto, Canada, tahun 1929. Semasa kecilnya, Gehry kemudian pindah ke Los Angeles dan menyelesaikan pendidikan arsitekturnya di University of Southern California. Frank Gehry kemudian bekerja di Wdton and Associates (1957-1958) dan Victor Gruen (1958-1961) di Los Angeles. Frank Gehry juga bekerja bagi Andre Remondent di Paris (1961). Pada tahun 1962, Frank Gehry mendirikan firma arsitekturnya sendiri dan terlibat di berbagai project residential (Hillcrest Apartements-1962, Bixby Green-1969), project komersial (Kay Jewelers Stores-1963-1965, Joseph Magnin Stores-1968).
Selama periode tahun 1960an, Frank Gehry mulai mengarahkan desain arsitekturnya dengan menggabungkan arsitektur dan elemen vernakular Jepang, dipengaruhi juga oleh para pelukis dan pematung, melalui metode manipulasi perspektif yang canggih, masa sculpture yang dilipat oleh cahaya, dan bangunan yang mengungkapkan strukturnya sendiri. Strategi desainnya ini, berhasil dicapai pertama kali melalui desain arsitektur untuk Malibu House (1972), yang merupakan rumah tinggal temannya sendiri, seorang pelukis bernama Ron Davis, dan dikembangkan melalui serangkaian project rumah tinggal kecil.
Rumah-rumah ini memungkinkan Gehry untuk menjelajah dan mengeksplorasi proses-proses konstruksi dan penggunaan dari material bahan bangunan yang diproduksi masal dan berharga murah. Dengan mengekspose struktur rangka kayu, menggunakan kayu lapis, pembuatan rantai logam yang berfungsi sebagai screen, dan memecah volume bangunan menjadi bentuk-bentuk geometris yang tidak lengkap, Frank Gehry mengungkapkan hubungan dari struktur fisik dan konteks arsitektural. Pencarian dari bentuk arsitektur baru ini mencapai puncaknya pada project rumah tinggalnya sendiri di Santa Monica (1978), yang merupakan bangunanrumah Cape Cod yang dikelilingi dan dipotong dengan tambahan dinding metal dan kaca. Ruang-ruang baru ditambahkan dengan keberadaan jalinan rantai, kayu, dan kaca. Konstruksi kayu, baik dari bangunan lama maupun bangunan baru, dibiarkan terekspose, dan menjadi bagian dari pondasi dan atap rumah.

Ini merupakan sebagian karya-karyanya :
 
 Frank Owen Gehry, CC (nama lahir Ephraim Owen Goldberg di Toronto, Ontario pada 28 Februari 1929) adalah seorang arsitek berkewarganegaraan ganda Amerika Serikat dan Kanada. Pemenang Penghargaan Pritzker tahun 1989.
Gehry dikenal akan pendekatan ukiran ke desain bangunan dan untuk membangun struktur yang berkurva, dan seringkali dibungkus dengan logam yang mengkilat. Gedung yang dirancangnya, termasuk tempat tinggal pribadinya di Santa Monica, California, telah menjadi atraksi wisatawan. Banyak museum, perusahaan, dan kota mencari jasa Gehry sebagai simbol pembedaan, untuk segala produk yang dibuatnya.
Hasil kerjanya yang paling terkenal adalah Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol yang dilapisi dengan titanium, Aula Konser Walt Disney di pusat kota Los Angeles, Dancing House in Praha, Republik Ceko,
Dilahirkan di tengah keluarga Yahudi di Toronto, Ontario, nama kecilnya adalah Frank Goldberg. Sewaktu kecil, ia diajak neneknya membangun kota-kota kecil dari potongan-potongan kayu bekas.[1] Neneknya yang bernama Caplan, sangat memengaruhi pembentukan pribadinya. Kebiasaan neneknya sering diamatinya. Setiap hari Kamis, neneknya memasukkan ikan emas hidup ke dalam bak mandi yang penuh berisi air sebelum dimasak menjadi gefilte fish. Gerakan dan bentuk-bentuk ikan sangat senang diperhatikannya, dan nantinya sering menjadi tema desain yang dibuatnya.
Kehidupan pribadi
Pada tahun 1947, Frank pindah ke California, bekerja sebagai sopir truk barang sambil kuliah di Los Angeles City College, dan akhirnya lulus dari Sekolah Arsitektur Universitas Southern California
Setelah lulus pada tahun 1954, Frank tidak langsung bekerja di bidang arsitektur, melainkan bekerja di sejumlah tempat yang tidak ada kaitannya dengan arsitektur, termasuk menjadi anggota militer Amerika Serikat. Frank sempat belajar tata kota di Harvard Graduate School of Design, namun berhenti sebelum lulus. Setelah itu, Frank menikah dengan Anita Snyder, dan mengganti namanya dari Frank Goldberg menjadi Frank Gehry. Setelah bercerai dengan Snyder pada tahun 1960-an, Gehry menikah dengan Berta, istrinya yang sekarang. Dari perkawinan pertamanya, Gehry mendapat dua orang anak perempuan, sedangkan dua orang anak laki-laki didapatnya dari perkawinan kedua.
Sebagai orang yang dibesarkan di Kanada, Gehry adalah penggemar berat olahraga hoki hingga sampai mendirikan liga hoki di kantornya. Piala Kejuaraan Dunia Hoki merupakan hasil desainnya pada tahun 2004.

Walt Disney Concert Hall – Frank Gehry
Walt Disney Concert Hall merupakan salah satu bangunan Frank Owen Gehry yang menampilkan arsitektur Expressionist. Skema awalnya merupakan sebuah metamorfosis dari bunga mawar (bunga lokal) yang tumbuh subur di sekitar kota Los Angeles. Bangunan ini didirikan dari rangka baja sebagai struktur utama yang dilapisi oleh lembaran baja. Frank Gehry banyak bermain dengan kayu, besi, corrugated wall selain bentuknya yang sangat avant garde pada saat itu. Dia dijuluki sebagai “the wild man” di dunia perancangan Amerika Serikat.
Bentuk bunga mawar tersebut berasal dari kecintaan kliennya, yaitu Lilian Disney. Ia juga menghendaki sebuah Concert Hall yang terbaik sekaligus, yang nantinya akan menjadi sebuah “giant sculpture” ikon kota Los Angeles.
 

Aksonometri dan potongan
Frank Gehry adalah arsitek yang menggabungkan antara seni dan arsitektur. Perkataannya yang diucapkan tahun 1995, “I think the blurring of the lines beetwen art and achitechture has got to happen“, dapat diketahui bahwa karya arsitekturnya berasal dari sebuah karya seni yang direaliasikan dalam permodelan dengan teknologi komputer. Frank memulai desainnya dengan sketsa-sketsa artistic.
Di dalam proses perancangan, Gehry juga banyak membuat study model dari kertas. Dari sekian banyak proses pembuatan study model, ia mampu memadukan keperluan ruang yang standard dari sebuah concert hall (bentuk kotak-kotak)  dengan semangat rancangannya yang sangat dinamis. Dari perpaduan kedua hal tersebut, Gehry pun akhirnya dapat memadukan kecintaan Lillian Disney terhadap bunga dan taman.
Hasil realisasi dari sketsa artistik Gehry. Bentuk yang ekspersionis menggambarkan bunga mawar, serta  sesuai dengan fungsinya yang merupakan gedung konser Disney (musikàseni).
 
Bangunan ini memiliki beberapa area, diantaranya adalah area penerima, area utama dengan 3 concert hall, dan area servis. Dapat dilihat perbedaan antara area konser dan servis, dimana bentuk denah area konser ekspresif (mengikuti bentuk massa), dan denah area servis berbentuk dasar segi empat.
Berdasarkan proses perancangan Gehry, tahap awal dimulai dengan sketsa tangan yang direalisasikan dalam permodelan komputer yang akhirnya dapat diukur dan dipetakan.

Gambar Suasana Interior Aula Konser yang megah dan memiliki orientasi terpusat ke tengah. Langit-langit yang berbentuk seperti awan terbuat dari kayu dibentuk untuk mencapai keintiman akustik.
Berdasarkan fungsi dan tujuan bangunan didirikan, Gehry membedakan ketinggian plafon antar ruangan. Hal ini dikarenakan fungsinya sebagai gedung konser yang membutuhkan ruangan yang tinggi dan kesan megah, serta tujuannya sebagai ikon (Landmark) kota Los Angeles yang diharapkan menonjol dari site di sekitarnya. 
Namun pada massa samping, ketinggian ruangan hanya 1,5 – 3 kali ketinggian manusia, karena fungsinya sebagai area servis dan kantor. Bentuk massa pun merupakan bentuk dasar kubus. (fungsional – efektif dan efisien)
 
Lorong antar massa membuat manusia merasa kecil. Bangunan dilihat dari mata manusia berkesan besar dan megah. Palfon tinggi mengecil di atas berkesan megah.(dari kiri ke kanan)
Bangunan Disney Concert Hall ni bukanlah bangunan pertama kalinya yang dedesain oleh Frank o Gehry. Namun bangunan ini sekali lagi menjadi bukti bahwa model apapun atau ide apapun dapat di realisasikan dengan baik. Contoh konsep ‘bunga mawar’ yang sulit sekali bisa dinalar oleh manusia menjadi sebuah tempat tinggal, Frank O Gehry mampu membuktikannya. Konsep nya yang sangat berani membuat bangunan ini memiliki atau menjadi ikon tersendiri dan diingat banyak orang. Kreasi-kreasi seperti inilah yang dinantikan oleh arsitek-arsitek masa depan.
Dancing House (Tančící dům)
Frank Gehry 1996 , Situs Rumah Dancing Gehry ini awalnya diduduki oleh gaya Neo-inthe rumahrenaisans dari akhir abad ke-19. Rumah yang hancur selama pengeboman pada tahun 1945, tetap yang akhirnya dihapus pada tahun 1960. Rumah tetangga (dengan globe kecil di atap) adalah co-dimiliki oleh mantan presiden Ceko Vaclav Havel,yang tinggal di sana dari masa kecilnya untilthe pertengahan 1990-an. Ia memerintahkan studi arsitektur pertama dari Vlado Milunic (yang telah terlibat dalampembangunan kembali apartemen Havel di rumah tetangga). Setelah itu bank Belanda ING setuju untuk membangun rumah di sana, dan meminta  Milunic untuk mengundang seorang arsitek terkenal di dunia. Milunic pertama bertanya JeanNouvel, yang menolak undangan karena ukuran kecil dari situs (491 meter persegi), ia kemudian bertanya Frank Gehry, siapa dan ia menerima tantangan tersebut.Gehry memiliki anggaran hampir tak terbatas, karena ING ingin menciptakan sebuah ikon di Praha. Konstruksi dimulai pada 1994 dan selesai pada tahun 1996
Bangunan ini adalah contoh dari arsitektur deconstructivist, dengan bentuk yang tidak biasa. Ini mencerminkan wanita dan pria (Ginger Rogers dan Fred Astair)menari bersama-sama. Konstruksi dari 99 panel beton masing-masing bentuk yang berbeda dan dimensi, masing-masing sehingga membutuhkan bentuk kayu yang unik.
Bentuk yang tidak biasa dan solusi teknis menyebabkan debat publik yang besar.Tahun Afterten emosi lebihdan rumah memiliki tempat modern PrahaPada tahun 2005 Bank Nasional Ceko mengeluarkan koin emas dengan motifof Gedung Menari,sebagai koin terakhir dari seri 10 Berabad-abad Arsitektur.”

Gedung atau Bangunan Dancing Dancing atau Jahe & Fred (Ceko: Tančící Dum)adalah julukan yang diberikan kepada Nederlandenbuilding Nationale-di pusat kotaPraha, Republik Ceko pada Rašínovo, nábřeží 80 120 00 Praha 2. Ini dirancang olehKroasia-Ceko architectVlado Milunić bekerjasama dengan Kanada-Amerika arsitek Frank Gehry di sebidang tepi sungai kosong (di mana bangunan sebelumnya telahdihancurkan selama Pemboman Praha pada tahun 1945). Bangunan ini dirancangpada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1996. [1]
Windows of the Dancing House
Desain sangat non-tradisional kontroversial pada saat itu. Presiden Ceko VáclavHavel, yang tinggal selama puluhan tahun di samping situs tersebut, telah mendukung, berharap bahwa bangunan akan menjadi pusat kegiatan budaya.
Awalnya bernama Fred dan Ginger (setelah Fred Astaire dan Ginger Rogers – rumahmenyerupai sepasang penari) rumah berdiri di antara, bangunan Gothic danBaroque Nouveau Art yang terkenal Praha. Lain telah dijuluki itu “Rumah Drunk”.
Di atap adalah restoran Prancis dengan pemandangan kota. Penyewa lainbangunan termasuk beberapa perusahaan multinasional.
Ini mungkin terdengar gila bagi Anda - rumah yang tarianMustahilTapi ini nyata!Terletak di sudut Rasinovo Nabrezi dan Resslova jalanandi samping Sungai Vltava.
Rumah Menari adalah julukan yang diberikan kepada sebuah bangunan yang dirancang oleh arsitek kelahiran Kroasia-Vlado Milunic Ceko dalam kerjasamadengan arsitek Kanada Frank Gehry. Dibangun antara 1994-1996, Dancing House adalah kontras yang sangat modern ke tempat-tempat bersejarah Praha.
Bangunan ini adalah contoh dari arsitektur deconstructivist, dengan bentuk yang tidak biasa – Anda benar-benar dapat melihat pasangan – wanita dan pria menaribersama-sama, memegang tangan mereka, dengan rok yang bergoyang mengikuti musik. Kata-kata tidak dapat menggambarkan hal itu. Kau harus melihatnya!
Bangunan ini juga disebut Jahe & Fred, mengacu pada Ginger Rogers dan FredAstair – tarian duo legendaris.
Situs ini awalnya diduduki oleh sebuah rumah dengan gaya Neo-renaissance dari akhir abad ke-19. Bahwa rumah itu, bagaimanapun, hancur selama pembomanpada tahun 1945, hanya hilang Art Nouveau tetangga rumah Vaclav Havel – tokohRevolusi Velvet tahun 1989, presiden terakhir Cekoslowakia dan presiden pertama Republik Ceko.
Dancing House berdiri di antara gedung Neo-Baroque Nouveau, Neo-Gothic dan Artyang terkenal Praha. Yang sangat non-tradisional designnya yang kontroversial pada waktu menyebabkan perdebatan publik besar.  Rumah ini digunakan sebagai gedung perkantoran. Namun, Anda dapat mengunjungi restoran Prancis di atap dengan pemandangan indah Sungai Vltavadan panorama Kastil Praha.
ANALISA
Seperti yang kita lihat, bangunan ini sungguh luar biasa. Bangunan ini memiliki struktur yang dinamis yang sungguh di luar nalar. Dari gambar di atas saja kita dapat melihat seolah-olah bangunan ini dapat bengkok seperti di dorong oleh jari, lekukannya yang pas menunjukkan kehebatan dari bangunan ini. Dan yang terpenting dari bangunan ini ialah meski strukturnya tampak meliuk-liuk dinamis namun struktur tersebut kuat dan mampu menahan beban-beban di atas maupun di sampingnya. Jadi selain ide bentukan, struktur juga memegang peranan penting bagi sebuah desain.
 SUMBER




1 komentar:

KARYA KARYA ANDRA MATIN (PART 2)

KARYA KARYA  ANDRA MATIN (PART 2) Binus School Bekasi / Arsitek Andra Matin Text description provided by the architects.  Defined largely by...