Jumat, 12 Desember 2014

Karya Desain Jogja Arsitek (edisi-01)


RUMAH TINGGAL BAPAK SARMINTO
Sebuah karya tentang hunian pedesaan dengan nuansa modern menghasilkan konsep TROPIS MODERN yang diwujudkan dalam harmony bentuk dan warna. Bentuk bentuk tegas kotak dan repetisi geometri membentuk harmony dengan perpaduan warna coklat tanah dan kayu dengan warna putih yang menghasilkan karakter kontras yang saling melengkapi mengisi tercipta perpaduan dalam keseimbangan.

  RUMAH TINGGAL BAPAK DARYONO
Hunian dalam kota yang didesain berdasarkan konsep kekinian, bentuk MODERN MINIMALIS sebagai pembentuk karakter rumah. Desain minimalis pada tampilan karma pemilik menghendaki kemudahan dalam perawatan dan memberikan kesan bersih. Kondisi awal bangunan merupakan hunian 2 lantai dengan pengaturan ruang dan sekat tidak teratur sehingga memberi kesan sempit, Arsitek memiliki tantangan desain renovasi yang dapat memberikan fungsi yang baik sekaligus kenyamanan dengan pembongkaran beberapa dinding/sekat ruang sehingga tercapai ruangan luas yang memberi kesan lapang dan mewah. Ruang keluarga merupakan vocal ruang yang lapang sebagai pusat social yang dikelilingi kamar, area bermain/belajar, dan pantri. Penempatan dapur kotor & service ditempatkan pada area belakang satu zona dengan ruang pembantu yang memiliki akses tersendiri dan mudah dalam perawatan sehingga terjaga higienitasnya.

 
RUMAH TINGGAL BAPAK IMAM
 
Add caption
Rumah ini dibangun pada lahan sempit dengan luas tanah tidak lebih dari 100 m2 diarea kota kecamatan yang padat pemukiman dengan harga tanah yang cukup tinggi, area sisi panjang tanah sejajar dengan jalan.
Arsitek mendapat tantangan bagaimana mendisain rumah sehingga fungsi ruang terwadahi dengan jumlah kamar yang diinginkan 3 kamar tidur + kamar tidur pembantu, dengan banyaknya jumlah ruang yang harus diwadahi tetapi tetap harus mampu memberikan kesan lapang pada ruang, maka dibuat pengaturan area ruang keluarga dibuat menerus tanpa sekat terhadap ruang makan dan dapur sedangkan sisi sampingya menghadap taman kecil dengan bukaan kaca lebar pada tiap sisinya sehingga kesan ruang luar menyatu dengan ruang dalam memberi kesan luas pada ruang. Area taman kecil ini sebagai area pernafasan bagi ruang-ruang disekelilingnya sehingga sirkulasi udara dapat terjaga dan area dalam selalu dalam keadaan sejuk. Tampilan bangunan didesain dengan konsep minimalis modern dengan bidang-bidang luas untuk memberi kesan lapang dan besar pada bangunan. Rumah dibuat tinggi untuk memberi untuk kenyaman sirkulasi udara sekaligus untuk memberi kesan megah pada rumah dengan luas tanah yang sempit.


 
RUMAH TINGGAL BAPAK YANTO


 

Sebuah hunian dengan konsep joglo / tradisional jawa yang ingin kembali kepada suasana kehidupan yang tenang dengan nuansa memori keluhuran tradisonal masa lalu yang dihadirkan untuk membentuk karakter masa kini dan yang akan datang sehingga nilai-nilai tradisi dan arsitekturnya dapat abadi tidak lekang akan zaman sebagai bagian dari peradaban dari masa ke masa.
Berdiri pada lahan lebih dari 1000 m2 memungkinkan arsitek untuk mengeksplorasi ruang dan tatalahan. Lahan dibanguna atas 7 massa yang terdiri atas :
  1. Pendopo Joglo
  2. Dalem Ageng/Agung sebagai rumah utama
  3. Dalem alit berjumlah 3 massa sebagai rumah tinggal anak
  4. Garasi dengan kapasitas 3 Mobil
  5. Rumah service untuk pembantu
Hubungan antar massa diintegrasikan dengan selasar-selasar penghubung (pergola atap transparan), penggunaan material kayu, bata ekspose dan batu alam pecah (batu candi) memberi kesan tradisional yang menyatu dengan alam. Material ini juga memberi sebagai penyatu antar massa bangunan. Pemanfaatan lahan-lahan terbuka sebagai taman-taman untuk kesejukan lingkungan dan nafas bagi bangunan. Untuk nuansa lantai digunakan Tegel kunci, atap dengan genteng press kebumen dan joglo dari joglo lama yang direpro ulang, lampu-lampu tempo dulu yang menghasilkan sebuah desain original yang membawa nuansa tempo dulu yang hadir kembali pada masa sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARYA KARYA ANDRA MATIN (PART 2)

KARYA KARYA  ANDRA MATIN (PART 2) Binus School Bekasi / Arsitek Andra Matin Text description provided by the architects.  Defined largely by...